Mandai Pengganti Daging Untuk Orang Fegetarian

Mandai Pengganti Daging Untuk Orang Fegetarian - Untuk Kalian semua mungkin Sudah mengetahui apa Itu Fegetarian, Akan tetapi Kata MANDAI mungkin masih asing di telinga kalian Yang belum pernah Ke Kalimantan. Mandai Merupakan Lauk pengganti Ikan atau Daging Yang terbuat Dari Kulit Cempedak Yang Di permentasi Dengan Garam. Untuk Orang Kalimantan Mungkin hampir semua Masyarakatnya Mengenal Kata Mandai, Dimana Lauk olahan dari Kulit Cempedak ini sangat di Sukai Sekali, Dari Kalangan Bawah Sampai Kalangan Atas.
Proses Mandai

Mandai Merupakan Olahan dari Kulit Cempedak, Cempedak adalah buah sejenis Nangka, Akan tetapi buahnya lebih kecil dan isinya lebih lunak dari Pada Nangka, Untuk Pohonnya Sendiri, Pohon cempedak Tersebar di seluruh kalimantan. Saat Musim Buah, Buah Dari Cempedak Di kalimantan Sangatlah banyak Hingga banyak Buah Cempedak yang rusak karena saking Banyaknya. Melihat hal itu dan masyarakat Kalimantan tidak ingin Buah yang di berikan oleh Tuhan Busuk begitu saja, Maka timbullah Inisatif mengolah Kulit dari Cempedak menjadi Mandai, sedangkan Buahnya di Jemur untuk di Olah menjadi cemilan. Untuk kapan dan siapa pencetus olahan Mandai dari kulit cempedak di Kalimantan Saya tidak mengetahui secara pasti, Mungkin olahan ini sudah ada setelah masuknya Garam ke Pulau Kalimanyan, Di mana Garam sebagai Permentasinya. Jika Kalian seorang Fegetarian, Mandai mungkin sangat menjadi rekomendasi Untuk kalian, Sebab Teksture dan Rasa dari Mandai sangatlah Enak, Untuk Teksturenya Sendiri, Mandai sangat Mirip dengan Daging, dan Rasa dari Mandai sangat khas yang tidak bisa saya jelaskan dngan kata-kata, mungkin alangkah baiknya Kalian mencobanya sendiri. Mandai bisa kita olah dengan berbagai masakan layaknya Daging sapi atau ikan, jadi kalian bisa membuat Varian resep dengan bahan daging tetapi daging kalian ganti dengan Mandai.

Untuk kalian yang mungkin sedang berada di luar pulau kalimantan, Kalian bisa membuat Mandai sendiri, Sebab cara membuat Mandai sangatlah mudah, Kalian hanya perlu membersihkan Kulit Mandai Dari Kulit luarnya saja, Kemudian bersihkan Dari semua Kotoran, Jika sudah bersih, Carilah tempat yang bisa kalian tutup rapat. Masukkan Kulit Cempedak yang sudah bersih tadi kedalam waha, Kemudian msukkan sedikit Air, Ingat jangan menggunakan air yang belum matang Gan. Setelah kalian masukkan air, lalu masukkan Garam secukupnya, kalian bisa mempredeksi banyak garam yang di gunakan, Agar hasil Mandai tidak terlalu Asin. Jika Air dan garam Sudah kalian Masukkan Maka Tutuplah tempat kalian membuat Mandai tadi hingga Udara luar tidak bisa masuk, Supaya binatang Seperti Ulat dan sebagainya tidak Bisa masuk. Lalu diamkan Selama 3-4 Hari, Maka Mandai sudah bisa kalian masak dengan resep yang kalian inginkan. Untuk Kalian yang ingin membuat Abon Dari Mandai, Ada sedikit Tips dari saya, Tipsnya dalah Pakailah Mandai yang 2-3 Bulan fermentasi, Suapay Kalian bisa dengan mudah menghaluskan Mandai menjadi kecil-kecil layaknya Abon.

Untuk kalian seorang Fegetarian, Ataupun Tidak, sebainya mencoba olahan Lauk dari kalimantan ini, Apalagi buat orang yang sedang terganggu dengan yang namanya Nafsu makan, Mandai bisa menjadi pencahar Nafsu makan yang ampuh untuk kalian. Selain Enak dan Murah, Olahan Lauk dari Kulit Cempedak ini tentu sangatlah Bergizi, Sebab olahan yang kita Gunakan untuk membuat Mandai adalah Kulit, Untuk kalian Semua mungkin sudah mengetahui jika Gizi dan Vitamin pada Buah banyak di temukan Pada Kulit Buah, Bukan dari isi buah.

Jiak kalian sedang berada di Kalimantan, Mandai bisa kalian temukan dengan Mudah di Warung makan Khas Banjar, Dimana Mandai selalu Menjadi Favorit dengan cocolan Sambal uleg. Nahh siapkah kalian mencoba Pangan Lauk dari Kulit Cempedak ini Gan.
Previous
Next Post »