Ikan Tapah Keunikan Ikan Purba Kalimantan

Indonesia, Merupakan Negara yang sangat kaya akan Ikan Air Tawarnya, Di mana Indonesia mempunyai 2931 Spesies ikan Tawar yang tersebar di Seluruh Indonesia. Di kesmpatan kali ini SekedarHabar akan memperkenalkan untuk kalian Satu jenis  Ikan tawar yang tergolong ikan purba, Yaitu IKAN TAPAH.
IKAN TAPAH merupakan ikan Air tawar terbesar Di Indonesia, Di mana Ikan TAPAH dapat tumbuh panjang hingga 2,5M. dengan nama latin Wallago, Ikan tapah merupan jenis ikan predator yang tak jarang manusia juga menjadi mangsanya. Meski tergolong ikan Predator ikan Tapah tetap menjadi kuliner yang sedap untuk di nikmati Gan. Dengan Besar hingga 2,5M ikan tapah sangat di takuti oleh masyarakat yang ada di kalimantan, Selain besarnya yang sangat WAW, Ikan TAPAH juga tergolong ikan yang sangat Agresif, Jadi Pikirlah 1001x jika ingin menjuntaikan Kaki di air Sungai yang ada Ikan Tapahnya.

Untuk persebaran Ikan Tapah di Indonesia mungkin tidak Khusus Di Kalimantan, Kita bisa menemukan Jenis Ikan TAPAH lain Di luar pulau Kalimantan. Untuk Kalimantan Sendiri Ikan Tapah Banyak Di temukan Di Kalimantan Barat, Dan Kalimantan Tengah Karena banyaknya Sungai-sungai kecil yang berarus tenang. Meski Daging Ikan TAPAH ini Enak untuk di santap, Status Keaaan Ikan TAPAH ini Cukup memprihatinkan, Dimana Ikan TAPAH Sudah dalam Satatus Hampir punah. Penyebab Hampir Punahnya Ikan TAPAH itu di sebabkan tingginya permintaan Pasar dan berbahayanya sang ikan Untuk anak kecil di sungai membuat ikan tapah di buru secara beramai-ramai.

Ikan Tapah Secara bentuk Hampir sama dengan Ikan-ikan ikan berkumis (catfish) lainya, yang membedakan adalah bentuk Sirip Belakang yang menyatu dari Perut sampai kebelakang Sirip, yang membuat ikan tapah mirip Seperti Pisau. Ikan TAPAH memiliki Banayak Gigi kecil Pada Mulutnya, Dimana Gigi-gigi Kecil tersebut berfungsi layaknya pemarut kelapa, yang berfungsi menghaluskan Daging yang di mangsanya. Ikan TAPAH sendiri tidak memiliki Sisik yang melindungi tubunya, Jadi jangan heran saat kita menemukan Ikan Tapah, Banyak terdapat bekas Luka di tubuhnya. Warna dari ikan tapah sering di temukan berwarna coklat layaknya tanah, atau hitam bercorak putih.

Jadi bisa kita simpulkan Jika Ikan TAPAH merupakan Ikan terbesar Di Indonesia Dengan nama Latin Wallago yang termasuk jenis ikan berkumis (catfish) yang Hampir punah. Lalu kita sebagai Generasi Muda Indonesia hanya diam saja melihat keadaan ini, Dimana ikan terbesar INDONESIA di 20(dua puluh) Tahun yang akan datang, sang Ikan TAPAH hanya tersisa cerita saja. Yoo mari kita sebagai generasi muda berfikir untuk mencari cara mengatasi Hampir punahnya Ikan TAPAH ini.
Previous
Next Post »

2 komentar

Click here for komentar
Unknown
admin
October 15, 2018 at 9:02 PM ×

Thanks for info, jangan lupa kunjungi website kami yaa https://bit.ly/2oY9QVY

Reply
avatar