Buah Karamunting ( Blueberry Dari Kalimantan ) Yang Mempunyai 1000 Manfaat Untuk Tubuh dan Kesehatan

Selamat datang Di Sekedar Habar, Wadah Hagan Ba Hahabaran.
Buah Karamunting  ( Blueberry Dari Kalimantan ) Yang Mempunyai 1000 Manfaat Untuk Tubuh dan Kesehatan
Buah Karamunting  ( Blueberry Dari Kalimantan ) Yang Mempunyai 1000 Manfaat Untuk Tubuh dan Kesehatan

Untuk orang Kalimantan Mungkin Buah Karamunting Sudah akrap di lidah dan mata kita, terlebih untuk anak-anak tahun 90 kebawah, bauh ini adalah buah yang wajib di makan jika kalian orang kalimantan, kewajiban itu bukan karna ada paksaan atau peraturan adat melainkan rasa dari buah ini yang harus di nikmati selagi bermain.

Mungkin saat ini ada orang Kalimantan yang sedang membaca, apa masih ingat berapa kresek kalian mengumpulkan buah ini untuk di bawa pulang kerumah dan tidak ingin berbagi dengan adik serta kakak kalian. Selain enak di lidah Buah famili Myrtaceae (jambu-jambuan) ini juga mempunyai segudang manfaat untuk kesehatan, Bukan hanya buahnya tapi seluruh dari daun, batang, hingga akar mempunyai manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Buah Karamunting Untuk Tubuh:

1. Manfaat Buah KARAMUNTING
Buah Karamunting dimana dulu menjadi makanan geratis di sela perjalanan bermain ternyata mempunyai kandungan EXSTRAK ANTOSIANIN yang sangat kuat diman dapat mengobati dan mencegah penyakit yang di sebabkan Radikal Bebas. Apabila dikonsumsi mempunyai efek hemostatik dalam saluran pencernaan bagian atas, dan melawan metrorrhagia penyebab pendarahan pada wanita. Kandungan buah ini mampu meningkatkan hemoglobin, jumlah sel darah merah, dan juga meningkatkan antianoxic.

2. Manfaat Daun KARAMUNTING
Jujur saya baru saja mengetahui jika Daun dari Karamunting sangat berguna dimana dapat di gunakan sebagai obat dan anti bakteri. Dikarnakan Daun Karamunting Mengandung senyawa Flavonoid yang berfunsi untuk anti bakteri, Selain Flavonoid Daun dari Karamunting ini juga banyak mengandung senyawa bermanfaat lain seperti flavonoid, steroid, triterpenoid, tanin galat, tanin katekat, kuinon dan unsur natrium, kalsium, kalium serta magnesium.

3. Manfaat Akar KARAMUNTING
Ekstrak akar dapat meningkatkan jumlah trombosit, meningkatkan tingkat fibrinogen, dan otot kontrak pembuluh darah halus. Dengan kata lain, ekstrak akar mampu untuk menghambat bakteri Staphylococcus aureus sebagai penyebab nanah. Kandungan tannin atau zat warna di akar dapat digunakan sebagai pewarna hitam alami. Sebagian masyarakat memanfaatkan untuk menghitamkan gigi dan alis.

Jadi untuk kita yang pernah memakan Buah Karamunting  pasti ingin mencari dan memakannya kembali, Tapi sayang untuk saat ini Pohon Dari Karamunting sudah sangat sulit di temukan, tidak seperti dahulu dimana ada jalan disanalah ada makanan, Sebenarnya Pohon Dari Karamunting masih bias kita temukan di hutan-hutan perbukitan terutama di Kalimantan Tengah, Pohon dari karamunting masih dapat dengan mudah di temukan meskipun harus masuk sedikit kedalam hutan terlebih dahulu.
Previous
Next Post »

6 komentar

Click here for komentar
REZEKI
admin
July 13, 2017 at 11:43 PM ×

baru tau di kalimantan ada buah karamunting,,hehee.. bagus gan,sangat bermanfaat

Reply
avatar
Dewailmu
admin
July 14, 2017 at 12:25 AM ×

ane di kalimantan dulu pernah makan buah ini

Reply
avatar
Alpi
admin
July 14, 2017 at 1:12 AM ×

berarti masa kecilnya bahagia gan jika pernah makan buah ini

Reply
avatar
Unknown
admin
December 4, 2019 at 6:39 PM ×

Apakah buah karamunting dan buah blueberry itu sama

Reply
avatar
Unknown
admin
February 18, 2020 at 9:50 PM ×

Ayo jaga kelestarian buah karamunting,keremunting, blueberry daripada pemanfaatan buah,daun,dan akar,bisa mati dan punah kalau semuanya di ambil

Reply
avatar