Buah Binjai ( Mayones dari kalimantan )

Selamat datang Di Sekedar Habar, Wadah Hagan Ba Hahabaran.
Buah Binjai ( Mayones dari kalimantan )
Buah Binjai ( Mayones dari kalimantan )

Untuk kalian orang asli kalimantan atau dari luar kaliamantan tapi sudah lama di kalimantan pasti akan tahu kegunaan serta manfaat dari buah Binjai serta kalian pasti sudah mengenal aroma dan bentuk dari Buah Binjai. Dan untuk kalian yang bukan orang kaliamantan bisa melihat Foto di atas bagaimana bentuk fisik dari Buah Binjai. Buah Binjai ternyata berasal dari Negri India yang tersebar pada Sumatra, Jawa Dan Kalimantan.

Buah Binjai sangatlah Populer di kalangan masyarakat kalimantan selatan Dan Kalimantan tengah, Dimana buah ini sering di jadikan pasangan Lauk dan nasi untuk menambah cita rasa di saat makan.
Jika kalian yang belum tahu dan ingin mengetahui rasa dari Sambal Buah binjai Akan saya bagikan bagaimana segar dan nikmatnya dari sambel Buah binjai.
Buah Binjai ( Mayones dari kalimantan )

Untuk kalian  yang belum pernah mencoba sambal Buah Binjai, kalian dapat membayangkan rasanya seperti mayones, tapi lebih nikmat dan lebih segar dari pada mayones, ya tentu sambal yang satu ini memang dari buah segar. Rasa asam, Manis, Gurih, Serta pedas dari cabai yang di campur begitu memecahkan rasa saat kita masukkan kedalam Mulut, Sambal dari Buah Binjai sangat cocok di pasangkan dengan bermacam Lauk Pauk, Baik daging ataupun Ikan, Selain enak menjadi pasangan untuk lauk pauk kita saat makan, Kasiat dari buah binjai ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan dan tubuh kita.

Manfaat Untuk Tubuh Dan Kesehatan
Buah Binjai Bnyak sekali mengandung bermacam-macam Gizi seperti protein (1 gram), lemak (0,2 gram), karbohidrat (11,9 gram), abu, thiamine, karoten, vitamin C (58 mg), dan energi yang mencapai 100 KJ. Melihat dari kandungan Gizi yang di kandung Buah Binjai pasti ada segudang manfaat dari buah Binjai. 

1. Fungsi sebagai Provitamin A
Manfaat utama karoten adalah sebagai provitamin A. Vitamin A berperan penting dalam proses pertumbuhan dan juga untuk menjaga kesehatan penglihatan. Vitamin A juga berperan penting untuk sistem kekebalan tubuh. Tiga jenis karoten yakni beta karoten, alfa karoten, dan beta kriptosantin merupakan penyumbang pembentukan retinol dalam vitamin A. Beta karoten membentuk 1/12 jumlah retinol dalam vitamin A. Sedangkan alfa karoten dan beta kriptosantin membentuk 1/24 jumlah retinol dalam vitamin A.

2. Berfungsi sebagai Antioksidan
Dalam pertumbuhan tanaman, karoten berfungsi sebagai antioksidan yang berfungsi untuk menonaktifkan oksigen singlet. Oksigen singlet merupakan oksidator yang terbentuk selama proses fotosintesis. Karoten juga berfungsi menghambat oksidasi lemak, hanya saja prosesnya pada manusia tergolong lebih kompleks. Likopen merupakan salah satu jenis karoten yang sangat penting sebagai antioksidan. Likopen biasanya banyak ditemukan di dalam buah tomat

3. Menghasilkan Energi
Vitamin B1 berperan penting dalam mengubah glukosa menjadi energi. Vitamin ini bertindak sebagai ko-enzim pada proses pengubahan glukosa untuk menghasilkan energi yang digunakan untuk fungsi organ tubuh khususnya jantung, otak, paru-paru, dan ginjal.

4. Membantu Fungsi Kardiovaskular (Jantung dan Pembuluh Darah)
Vitamin B1 bertanggungjawab terhadap produksi acetylcholine, suatu neurotransmitter yang menyalurkan pesan ke otot dan syaraf. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan berkurangnya neurotransmitter dan menyebabkan denyut jantung tidak teratur. Defisiensi parah vitamin B1 dapat menyebabkan gagal jantung kongestif.

5. Menjaga Kesehatan Mata
Vitamin B1 bersama dengan asam lemak omega-3 dan omega-6 membantu menjaga kesehatan mata dan mencegah pembentukan katarak.

6. Meningkatkan Fungsi Otak
Vitamin B1 membantu menjaga fungsi otak dan meningkatkan memori dan konsentrasi, Vitamin ini juga berperan mengurangi stress dan memperkuat syaraf. Vitamin B1 digunakan untuk mengurangi perkembangan penyakit multiple sclerosis, Alzheimer, cirrhosis, dan infeksi lainnya.

7. Melindungi Syaraf
Syaraf dilindungi lapisan pelindung berupa lapisan myelin. Kekurangan vitamin B1 dapat melemahkan lapisan myelin syaraf. Kecukupan asupan vitamin B1 menjamin pengembangan lapisan myelin syaraf dan membantu fungsi syaraf.

8. Membantu Pencernaan
Vitamin B1 membantu tubuh mengeluarkan asam hidroklorat yang penting untuk membantu pencernaan makanan.

9. Membantu Produksi Sel Darah Merah
Vitamin B1 turut berperan dalam produksi sel darah merah yang sangat vital bagi tubuh.

10. Meningkatkan Selera Makan
Vitamin B1 diketahui dapat meningkatkan selera makan sehingga menjamin kecukupan nutrisi tubuh.

11. Melindungi Membran Mukosa
Membran mukosa melindungi tubuh kita dari mikroorganisma asing yang dapat menyebabkan infeksi. Membran mukosa melindungi bagian dalam hidung, paru-paru, dan kelopak mata. Vitamin B1 membantu pembentukan sel-sel baru membran mukosa. Defisiensi vitamin B1 dapat menyebabkan membran mukosa kering dan pecah.

12. Mengurangi Efek Penuaan
Vitamin B1 merupakan antioksidan yang memiliki kemampuan melawan efek penuaan karena kerusakan sel.

Begitu banyak lagi manfaat dari Buah Binjai ini yang belum saya jelaskan, karna begitu banyaknya kegunaan untuk kesehatan serta untuk tubuh kita. Semoga saja Info yang saya bagikan Kali ini bermanaat untuk kita semua.
Previous
Next Post »